Tips membeli USB Flash Disk

flash disk

Saat ini flash disk menjadi tren penyimpanan data yang paling efektif, dan mampu menggusur fungsi floppy disk yang mampu bertahan sekian tahun sebagai penyimpan data yang paling mudah dan efektif. Karena telah menjadi tren maka jangan heran kalua sekarang pun banyak dijual berbagai merk flash disk di pasaran dengan harga yang cukup bervariasi.

USB flash disk memang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan media penyimpanan data portabel lainnya, karena kapasitasnya yang lebih besar juga bentuknya yang relatif kecil, hingga bisa dimasukkan ke dalam saku.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli sebuah flash disk. Di bawah ini ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Pertama adalah sekuritas atau keamanan. Keamanan memang cukup penting, karena data-data yang tersimpan dalam flash disk bisa jadi adalah data penting. Untuk itu sebaiknya pilih flash disk yawng mempunyai chip pengontrol ( (Controler Chip ) dalam setiap unitnya. Chip pengontrol ini akan memungkinkan user untuk menginstall usb flash disk dengan berbagai macam software portabel, seperti: Security Software, File Syncronization, dan lain-lain.

Security software sangat penting dalam memastikan data berharga anda tidak akan terjatuh ketangan orang tak berwenang. Keamanan merupakan keunggulan utama dari usb flash disk. Sangat disayangkan apabila anda tidak dapat memanfaatkan keunggulan tersebut Media penyinpan data portabel lainnya seperti MMC,SD,Transflash hanya terdiri dari flash memory, tanpa chip controller. Chip controllernya terdapat pada Card Reader. Sehingga siapapun yang memiliki card reader dapat dengan mudah meng-access data dari MMC, SD, Transflash yang mereka temukan. Pastikan usb flash disk yang anda pertimbangkan didukung oleh software dari produsennya, terutama security software, dikarenakan bisa atau tidaknya software diinstall tergantung pada chip controller yang dipakai.

2. Kecepatan transfer. Kecepatan transfer akan menjadi sangat penting mengingat sekarang kapasitas flash disk sudah relatif besar. Saat ini USB versi 2.0 adalah versi terbaru. Dengan teknologi saat ini, pastikan usb flash disk yang anda beli adlah High Speed Usb 2.0 Flash Disk.

Untuk itu Anda harus memastikan sertifikasinya. Perlu diingat meski kecepatan trasfer data untuk High Speed USB 2.0 adalah 480 mb/s, tapi semua juga tergantung pada usb port dari PC, bila usb port benar-benar mendukung High Speed usb 2.0 maka bisa mencapai kecepatan maksimal.Pada kenyataannya, kecepatan perpindahan data dari usb 2.0 flash disk berkisar antara 14 mb/s – 24 mb/s,kecepata itupun akan menurun jika kita menggunakan kabel usb atau usb hub.Tetapi bagaimanapun juga tetap lebih baik dari usb 1.1 yang hanya 1.5 mb/s.

flash disk 1

3. Jangan terkecoh dengan garansi yang diberikan oleh produsen atau toko penjual sub flash disk tadi, karena usb flash disk ini mempunyai masa pakai. Masa pemakaian rat-rata dari sub flash disk adalah 2-3 tahun. Setelah itu pengguan biasanya membutuhkan usb flash disk dengan kapasitas yang lebih besar, karena harga usb flash disk biasanya akan turun dengan kapasitas yang makin besar. Hal itulah yang menjadi dasar untuk mengatakan bahwa masa garansi selama 2-3 tahun adalah lebih cukup untuk flash disk.

Sebaiknya jangan menjadikan masa garansi sebagai kriteria utama dalam memilih usb flash disk lainnya seperti dukungan software, kecepatan perpindahan data, dan design usb flash disk.

4. Selanjutnya adalah disain dari usb flash disk itu sendiri, apakah sudah cukup praktis. Memang rata-rata flash disk itu mempunyai disain yang cukup mungil dan menarik. Para produsen membuat usb flash disk dalam berbagai rancangan yang menarik dan bergaya. Pilihlah yang sesuai dengan kepribadian anda. Pilihlah usb flash disk yang menyertakan accecories dalam paket penjualannya, biasanya anda akan memperoleh kalung gantungan, tetapi akan lebih baik jika usb flash disk tersebut juga menyertakan usb kabel.

Share

0 comments:



Posting Komentar

nikmati hidup ini dengan cara bersyukur atas segala hal...